Pangkalpinang (Antara Babel) - Cuaca di wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Selasa (15/8) diprakirakan cerah berawan, ujar prakirawan dari Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania.

"Sepanjang Selasa cuara di seluruh daratan cerah berawan. Hujan ringan dan hujan lokal diprakirakan berpotensi terjadi secara merata hampir di seluruh wilayah terutama pada siang hari," katanya di Pangkalpinang, Senin.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan juga hanya pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Sementara itu, ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan di perairan serta di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan antara 0,25 sampai 1,25 meter atau relatif aman untuk pelayaran dan juga untuk aktivitas melaut para nelayan tradisional.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa antara 0,25 sampai 0,5 meter, di utara dan selatan Pulau Bangka 0,25 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selat Karimata 0,25 hingga 1,25 meter.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan juga relatif normal antara 8 hingga 36 kilometer per jam yang bergerak dari timur ke selatan.

"Namun demikian ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, karena itu kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada," kata Anggun Rahamnia.

Pada bagian lain, BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di kawasan pesisir pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga relatif bersahabat.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan sekitar 2,08 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,92 meter, sedangkan di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,76 meter.

Kemudian di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,82 meter, di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung 1,19 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 0,88 meter dan di Belinyu Kabupaten Bangka 0,99 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017