Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong, Kabupaten Belitung mencapai dua meter lebih pada Rabu (16/8).

"Ketinggian pasang air laut di Membalong diprakirakan dapat mencapai 2,21 meter," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Selasa.

Selain di Membalong, ketinggian pasang air laut melebihi dua meter juga dapat terjadi di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan yang diprakirakan mencapai 2,03 meter.

"Pasang air laut setinggi itu dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," katanya.

Selain itu ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan sekitar 1,97 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,93 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,17 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,19 meter dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,36 meter.

Pada bagian lain BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang signifikan di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal, yakni hanya antara 0,25 sampai 1,0 meter dan relatif aman untuk pelayaran serta untuk aktivitas melaut para nelayan tradisional.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan juga relatif normal antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Nur Setiawan.

Sementara itu cuaca di wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan dengan peluang hujan lokal di beberapa wilayah seperti di Sungailiat, Pangkalpinang, Koba dan di Sungaiselan terutama pada siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan juga hanya pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 24 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017