Pangkalpinang (Antara Babel) - Rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72 di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjalan dengan khidmat dan lancar.

Pantauan Antara, Kamis, rangkaian acara peringatan HUT RI tersebut dimulai dengan malam apel kehormatan dan renungan suci yang diselenggarakan di makam pahlawan Pawitralaya yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 045 Garuda Jaya, Kolonel Inf Abdurrahman pada pukul 00.00 WIB.

Malam apel kehormatan dan renungan suci ini juga diikuti oleh Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan, Kapolda Babel Brigjen Pol Anton Wahono, Kajati Babel Happy Hadiastuti, Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah, Dandim 0413/Bangka berserta unsur muspida Provinsi kepulauan Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang.

Komandan Korem 045 Garuda Jaya, Abdurrahman mengatakan upacara renungan suci ini dalam rangka memperingati jasa para pahlawan atas pengabdiannya demi bangsa dan negara.

"Pada malam hari ini kami menyatakan dengan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa," katanya.

Rangkain acara HUT RI selanjutnya yakni Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera di halaman kantor Wali Kota Pangkalpinang pada pukul 09.00 WIB.

Dalam upacara detik-detik proklamasi tersebut, yang bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Wali Kota Pangkalpinang M. Irwansyah. Sebelum pengibaran bendera, terlebih dahulu dilakukan pembacaan teks proklamasi oleh ketua DPRD kota Pangkalpinang Ahmad Subari.

Dalam upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera ini juga dihadiri wakil wali kota, sekda, kapolres, Dandim 0314/Bangka, pelajar, mahasiswa, forkompimda, kepala dinas, camat, lurah, organisasi masyarakat dan masyarakat Kota Pangkalpinang.

Selanjutnya Pemerintah Kota Pangkalpinang juga melaksanakan Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Pawitralaya. Upacara Ziarah Nasional ini dilaksanakan bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selanjutnya seluruh jajaran Pemerintah Kota Pangkalpinang juga melaksanakan acara tabur bunga di Pelabuhan Pangkalbalam. Pada cara ini juga bergabung dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan jajaran.

Rangkaian acara lainnya yakni Pemberian remisi oleh Kementrian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kepulauan Bangka Belitung kepada 1.005 orang narapidana dan pidana anak di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Kota Pangkalpinang. Penyerahan remisi tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Roesman Djohan.

Rangkaian acara selanjutanya yakni doa bersama 171717 yang diselenggarakan oleh Korem 045 Garuda Jaya di Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang. Acara doa bersama tersebut dipimpin langsung oleh Dandrem Kolonel Inf Abdurrahman.

Dalam acara doa bersama ini juga diikuti oleh Wali Kota Pangkalpinang, M Irwansyah bersama masyarakat Kota Pangkalpinang. Doa bersama ini juga berjalan dengan khidmat.

Rangkaian acara yang terakhir yaitu Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota M Sopian yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut juga dihadiri sekda, kapolres, pelajar, mahasiswa, forkompimda, kepala dinas, camat, lurah, organisasi masyarakat dan masyarakat Kota Pangkalpinang.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017