Pangkalpinang (Antara Babel) - Cuaca di wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Senin (21/8) diprakirakan cerah berawan, ujar prakirawan dari Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan.

"Sepanjang Senin cuara di seluruh daratan cerah berawan. Hujan lokal diprakirakan berpotensi terjadi di wilayah Mentok, Jebus, Belinyu, Sungailiat, dan Pangkalpinang terutama pada siang hari," katanya di Pangkalpinang, Minggu.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan juga hanya pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2,0-3,0 meter yang dapat terjadi di kawasan utara Pulau Bangka, Selat Gelasa, Selat Karimata, serta di perairan Pulau Belitung bagian selatan dan timur.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 1,0 meter, di Selat Gelasa dan utara Pulau Bangka antara 0,25 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selatan Bangka dan Selat Karimata antara 0,25 sampai 1,5 meter.

Dengan ketinggian gelombang maksimum yang dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Bangka dan Selat Karimata dapat saja mencapai 3,0 meter.

Kecepatan angin di kawasan perairan diprakirakan berkisar antara 10 sampai 40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Pada bagian lain BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan mencapai 2,32 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,47 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,95 meter, dan di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,83 meter.

Kemudian di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,89 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,74 meter dan Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,61 meter.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017