Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat, Kabupaten Bangka mencapai lebih dua meter pada Selasa (22/8).

"Ketinggian pasang air laut di Sungailiat diprakirakan dapat mencapai 2,43 meter," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Senin.

Selain di Sungailiat, ketinggian pasang air laut melebihi dua meter juga dapat terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang diprakirakan mencapai 2,23 meter.

"Pasang air laut setinggi itu dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," katanya.

Sementara itu ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Mentok Kabupaten Bangka Barat diprakirakan sekitar 1,83 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,70 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,86 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,54 meter. dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1.69 meter.

Pada kesempatan itu BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2,0-4,0 meter di Utara Bangka, Selat Gelasa, Selat Karimata, Perairan Belitung bagian Selatan dan bagian timur.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa diprakirakan antara 0,25 sampai 1,0 meter, di Utara Bangka 0,5 sampai 1,25 meter, di selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 1,5 meter, sedangkan di Selat Karimata antara 0,5 sampai 2,0 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, karenanya para pengguna jasa angkutan laut dan juga nelayan tradisional agar waspada selama beraktivitas di laut," kata Anggun Rahmania.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan 10 hingga 40 kilometer per jam yang rata-rata berhembus dari Timur ke Selatan.

BMKG juga memprakirakan cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa cerah berawan dan tidak berpotensi diguyur hujan.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan pada kisaran 20 hingga 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017