Pangkalpinang, 23/8 (Antara) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum yang masih dapat mencapai 4,0 meter di perairan Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (24/8).

"Gelombang di perairan masih harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan. Pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan tradisional diimbau agar tetap berhati-hati," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota
Pangkalpinang, Nur Setiawan, Rabu.

Ia menyebutkan gelombang maksimum mencapai 2,0 hingga 4,0 meter dapat terjadi di jalur penyeberangan utara Pulau Bangka, Selat Gelasa, Selat Karimata, serta di perairan Pulau Belitung bagian selatan, timur dan utara.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 1,0 meter, di utara dan selatan Pulau Bangka antara 0,5 sampai 1,5 meter, di Selat Gelasa 0,25 sampai 1,5 meter, sedangkan di Selat Karimata antara 0,5 hingga 2,0 meter.

Dengan ketinggian gelombang maksimum yang dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka gelombang di jalur-jalur penyeberangan dan perairan provinsi ini masih dapat mencapai 2,0 sampai 4,0 meter.

Kecepatan angin di kawasan perairan diprakirakan berkisar antara 10 sampai 44 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Kamis diprakirakan cerah berawan dengan potensi hujan lokal di beberepa wilayah seperti di Sungai Selan,Toboali dan Selat Nasik terutama pada siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,20 meter, sedangkan di Membalong Kabupaten Belitung 2,07 meter.

Kemudian di pesisir pantai Muntok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,47 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,47 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,76 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,27 meter,  dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,49 meter

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017