Muntok (Antara Babel) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Parhan Ali melantik tiga pejabat tinggi pratama eselon II sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Pelantikan pejabat ini harus dipahami sebagai reformasi birokrasi yang tetap harus dijalankan, termasuk peningkatan pelayanan publik maupun peningkatan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bangka Barat," kata Parhan di Muntok, Rabu.

Tiga pejabat tinggi pratama eselon II B yang dilantik yaitu Sukraedi yang sebelumnya Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, lalu Antoni Pasaribu dari Kepala Bagian Pembangunan Sekretaris Daerah menjadi Sekretaris Kantor DPRD Kabupaten Bangka Barat, serta Suwito dari Kepala Bagian Komunikasi Humas dan Protokol menjadi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Pantikan digelar di Graha Aparatur Kompleks Perkantoran Terpadu Desa Daya Baru, Muntok, dihadiri Wakil Bupati Markus, Sekretaris Daerah Yunan Helmi, Kajari Lana Hany Wanike Pasaribu, Wakil Ketua II DPRD Bangka Barat Ali Purwanto, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Annissa Parhan, para asisten dan staff ahli bupati, dan pimpinan OPD.

Dalam sambutannya Parhan Ali mengingatkan beratnya tantangan ke depan yang harus dihadapi pemerintah yang menuntut untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurut dia, kemajuan teknologi telah merambah ke seluruh pelosok desa dan untuk itu diharapkan pemerintah dapat menerapkan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik atau E-Government yang mencakup lima poin penting.

Pertama, kata dia, pejabat pemerintah dituntut mampu menjaga, mempertahankan integritas, loyalitas disiplin dan komitmen tehadap tugas dan tanggung jawab, kemudian lebih sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan yang timbul baik di lingkup instansi pemerintahan maupun masyarakat.

"Pada poin ketiga pejabat diwajibkan mempunyai semangat mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih dalam melaksanakan program kerja serta dapat berpegang pada peraturan perundangan yang berlaku," katanya.

Tuntutan keempat, memiliki wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang inovatif dan kreatif untuk mencapai visi dan misi Bangka Barat Hebat dan yang kelima mempunyai kemampuan untuk mengombinasikan dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal agar menghasilkan produktivitas kerja maksimal.

"Kami berharap para pejabat baru amanah dalam mengemban tugas sehingga membawa berkah dan hikmah bagi keluarga dan masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017