Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Membalong, Kabupaten Belitung dapat mencapai dua meter lebih pada Selasa (5/9).

"Ketinggian pasang air laut di Membalong diprakirakan dapat mencapai 2,31 meter," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Senin.

Selain di Membalong, ketinggian pasang air laut melebihi dua meter juga dapat terjadi di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka yang diprakirakan bahkan mencapai 2,39 meter.

Pasang air laut setinggi itu dinilai dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga ataupun wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

Sementara itu ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Mentok Kabupaten Bangka Barat diprakirakan sekitar 1,84 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,67 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,93 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,49 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,67 meter.

Pada bagian lain BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2,0 hingga 3,0 meter di perairan utara Pulau Bangka, perairan timur Pulau Belitung, dan di Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan di utara Pulau Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, di selatan Pulau Bangka 0,25 sampai 1,25 meter, sedangkan di Selat Karimata antara 0,5 sampai 1,5 meter.

"Dengan Asumsi Ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka kami mengimbau kepada para pengguna jasa angkutan laut dan juga nelayan tradisional agar waspada selama beraktivitas di laut," kata Nur Setiawan.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang rata-rata berhembus dari Timur ke Selatan.

Pada kesempatan itu BMKG juga memprakirakan cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Selasa cerah berawan dan berawan dengan potensi terjadi hujan lokal hingga hujan sedang yang disertai petir dan angin kencang.

Hujan yang disertai petir dan angin kencang diprakirakan berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka serta Kabupaten Bangka Selatan dan sekitarnya, terutama pada siang dan sore hari. Karena itu BMKG mengimbau warga agar tidak banyak beraktivitas di luar rumah pada saat turun hujan.

Sedangkan hujan lokal juga berpeluang terjadi hampir di seluruh wilayah daratan di Provinsi Kepulauan Babel terutama pada pagi dan siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat celsius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017