Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang menyebutkan potensi pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih di kawasan pesisir pantai Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (13/9) harus diwaspadai.

"Pasang air laut maksimum harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan warga dan wisatawan dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, Selasa.

Pasang air laut maksimum yang mencapai dua meter atau lebih berpeluang terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,31 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka mencapai 2,11 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,10 meter.

Kemudian pasang air laut di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,91 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,49 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,34 meter, dan
di Belinyu Kabupaten Bangka 1,35 meter.

Pada kesempatan lain BMKG juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung relatif aman dan hanya sekitar 1,0 meter.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,0 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa dan selatan Pulau Bangka 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan di utara Pulau Bangka dan Selat Karimata 0,5 sampai 1,0 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada selama berada di perairan," ujar Slamet.

Sementara itu, kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 39 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Rabu diprakirakan cerah dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal hingga hujan ringan di beberapa wilayah terutama pada siang hari.

Hujan lokal berpeluang terjadi di wilayah Mentok dan Jebus, sedangkan hujan ringan di kawasan Sungai Selan dan Tanjungpandan pada siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 sampai 40 kilometer per jam dengan suhu 24 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017