Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (15/9) relatif aman.

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan hanya sekitar 0,25 sampai 1,5 meter dan relatif aman untuk pelayaran serta juga untuk aktivitas melaut para nelayan tradisional," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, Kamis.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan selatan Pulau Bangka 0,25 sampai 1,0 meter, di utara Pulau Bangka 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di Selat Karimata 0,5 hingga 1,5 meter.

"Namun demikian kami mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada selama berada di perairan, karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

Sementara itu, kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 37 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Pada kesempatan lain, BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi mencapai dua meter atau lebih dan masih harus di waspdai.

Pasang air laut maksimum yang mencapai dua meter atau lebih berpeluang terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yakni sekitar 2,47 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,37 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 2,17 meter.

Pasang air laut di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,97 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,68 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,64 meter dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,60 meter.

"Ketinggian pasang air laut maksimum yang dapat mencapai dua meter atau lebih tentu membahayakan, karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Slamet.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Jumat diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan ringan di beberapa wilayah terutama pada siang hari, seperti di wilayah Jebus, Belinyu, Sungai Liat dan Sungai Selan.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 sampai 40 kilometer per jam dengan suhu 24 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017