Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menyatakan akan meningkatkan pembangunan dermaga kapal tangkap ikan di pulau-pulau kecil guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga nelayan tradisional di daerah itu.

"Saat ini ketersediaan dermaga kapal nelayan di pulau kecil masih sangat minim, sehingga mereka sulit untuk membongkar dan memasarkan hasil tangkapan ikannya," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan jumlah pulau-pulau kecil berpenghuni di Provinsi Kepulauan Babel mencapai 400 pulau dan dari jumlah tersebut hanya 15 pulau yang memiliki dermaga tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

"Mudah-mudahan tahun depan pembangunan dermaga di pulau-pulau kecil ini sudah mulai dilakukan, sehingga nelayan tidak kesulitan lagi untuk sandar dan membongkar hasil tangkapan ikannya," ujarnya.

Erzaldi mengatakan pembangunan dermaga tahap pertama akan dilakukan di pulau kecil yang jumlah penduduknya 100 kepala keluarga dan selanjutnya pulau berpenghuni 50 kepala keluarga dan seterusnya hingga seluruh pulau kecil di daerah ini memiliki dermaga.

"Kita sudah melakukan pendataan dan mudah-mudahan program ini berjalan dengan baik," katanya.

Menurut dia pembangunan dermaga ini akan menggunakan APBD, APBN dan investor agar pengelolaan serta pengembangan sumber daya perikanan di pulau-pulau kecil yang berlimpah ini dapat dilakukan dengan baik berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Untuk membangun dermaga ini jangan hanya berpikir bagaimana cara membuatnya, namun yang lebih penting bagaimana manfaatnya bagi masyarakat di daerah itu," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017