Pangkalpinang (Antara Babel) - Cuaca di wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (22/9) diprakirakan cerah dan cerah berawan serta hanya berpeluang dilanda hujan lokal di beberapa kawasan.

Prakirawan dari Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Kamis, menyebutkan cuaca di hampir seluruh wilayah provinsi Kepulauan Babel cerah dan cerah berawan, kecuali di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung dan Manggar Kabupaten Belitung Timur yang berawan tebal.

Hujan lokal sendiri diprakirakan bakal turun di wilayah Koba dan Sungai Selan di Kabupaten Tengah, kemudian di Toboali Kabupaten Bangka Selatan serta di Selat Nasik Kabupaten Belitung Timur. Hujan lokal paling berpeluang turun pada siang hari.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung masih dalam batas normal atau rata-rata di bawah dua meter, kecuali di Membalong Kabupaten Belitung yang berpeluang mencapai kisaran 2,09 meter.

Sementara itu pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 1,89 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,76 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,35 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 0,99 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,02 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,13 meter.

"Meski ketinggian pasang air laut rata-rata di bawah dua meter, kita tetap mengimbau agar warga dan wisatawan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena ketinggian pasang dapat saja berubah setiap saat," ujar Nur Setiawan.

Pada bagian lain BMKG memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung relatif aman untuk pelayaran.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa, utara Pulau Bangka dan selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selat Karimata 0,75 sampai 1,25 meter.

"Kami juga mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada selama berada di perairan mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan" kata Nur Setiawan.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017