Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meningkatkan kegiatan "sport taurism" guna mempromosikan potensi wisata dan kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Kita akan memperbanyak kegiatan "sport tourism" berskala internasional, guna mempromosikan pariwisata daerah ini," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan promosi potensi wisata dengan memadukan antara aktivitas olahraga dengan aktivitas wisata ini sangat ampuh untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan memperkenalkan objek wisata alam, pantai, sejarah, budaya, kuliner dan lainnya.

"Mudah-mudahan tahun depan kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MXGP, motor trail tingkat Asia dan kegiatan olahraga tingkat nasional dan internasional lainnya," ujarnya.

Erzaldi mengatakan penyelenggaraan berbagai "sport tourism" ini merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi dalam menarik wisatawan asing dan investor membangun infrastruktur pariwisata di daerah ini.

"Selama kegiatan olahraga skala internasional tersebut, kita mendorong atlet dan keluarganya untuk berselvi ria dan menunjukan keindahan alam daerah ini ke teman, kerabat dan masyarakat di negaranya," ujarnya.

Menurut dia kelebihan wisata di Provinsi Kepulauan Babel ini sangat banyak, di antaranya kuliner, pantai, budaya yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

"Dengan adanya kelebihan ini, kita harus memiliki strategi tersendiri dan tidak mengikuti strategi daerah lain," ujarnya.

Misalnya kegiatan budaya dan seminar yang banyak dilakukan daerah lainnya untuk mempromosi potensi daerah, menurut dia belum tentu seluruh peserta mengikuti kegiatan tersebut, sementara olahraga tentu banyak diikuti orang lain, minimal peserta atau atletnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017