Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membantu Rp10 miliar untuk menyukseskan penyelenggaraan Motocross Grand Prix (MXGP) 2018 sebagai upaya mempromosikan potensi wisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Kita akan hibahkan dana bantuan ini kepada Ikatan Motor Indonesia (IMI)," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia menjelaskan saat ini persiapan MXGP 2018 di sirkuit GOR Sahabudin Pangkalpinang sudah dimulai agar penyelenggaraan ajang internasional itu berjalan sukses dan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat dan daerah.

"Sekarang sudah masuk ke tahap persiapan penyelenggaraan MXGP tersebut. Untuk itu saya mau detail betul, termasuk transportasi, makanan peserta dan orang-orang yang menjadi event organizer (EO) penyelenggara ajang motor cross bergengsi tersebut," katanya.

Erzaldi menginginkan EO yang menggelar MXGP tahun depan betul-betul paham demi suksesnya olah raga bertaraf internasional itu.

"Alhamdulillah penyelenggaraan MXGP tahun lalu berjalan dengan sukses, namun masih ada kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. Misalnya masih banyak masyarakat yang tidak bayar masuk untuk menonton motor cross tersebut," ujarnya.

Ia menargetkan wisatawan mancanegara berkunjung selama ajang MXGP tahun depan berlangsung sebanyak 5.000 orang atau meningkat dibandingkan pengunjung MXGP 2016 yang hanya sebanyak 3.000 orang.

"Kami optimistis target pengunjung dan wisatawan selama even internasional ini tercapai, bahkan melebihi mengingat minat masyarakat internasional menyaksikan olah raga ini cukup tinggi," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017