Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan pada 2018 akan membangun tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk mengoptimalkan pendidikan kejuruan di daerah itu.

"Tiga SMK yang kita bangun ini adalah SMK baru dan belum ada di provinsi ini," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan tiga SMK yang akan dibangun yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata di Balunijuk Kabupaten Bangka, SMK Pertanian di Belitung Timur dan SMK Olahraga di Tanjung Bunga Kabupaten Bangka Tenga.  

"Kita sudah menyiapkan Rp3 miliar untuk membangun tiga sekolah kejuruan ini dan akan ditambah dengan anggaran yang sudah diajukan ke pemerintah pusat," katanya.

Erzaldi berharap dengan adanya pembangunan tiga SMK baru ini, dapat menampung siswa-siswi berbakat menyalurkan kemampuannya tanpa harus bersekolah di luar kota.      

"Kita harap sekolah yang baru nanti dapat menampung putra putri daerah menyalurkan bakatnya tanpa harus bersekolah keluar kota," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Babel, M.Soleh menambahkan, perencanaan bangun tiga SMK ini sudah diajukan sejak tahun lalu. Hingga saat ini pihaknya menyiapkan guru serta sarana dan prasarana ynag dibutuhkan.

"Sekarang kita sedang menyiapkan guru dan tenaga pendidik. Untuk sekolah olahraga itu yang kita utamakan cabor unggulan dulu, seperti atletik, yudo, silat dan panjat tebing. Guru olahraga kita InsyaAllah cukup karena guru olahraga kita banyak lulusan S2," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017