Pangkalpinang (Antara Babel) - Empat wilayah daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi dilanda hujan sedang dan lebat disertai petir pada Sabtu (7/10).

Menurut prakirawan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Jumat, hujan disertai petir paling berpeluang terjadi pada siang hari.

Hujan disertai petir berpeluang terjadi di wilayah Mentok Kabupaten Bangka Barat, di Sungailiat Kabupaten Bangka, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan dan di Manggar Kabupaten Belitung Timur.

Selain itu hujan ringan dan hujan lokal juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah diantaranya di Jebus Kabupaten Bangka Barat, Belinyu Kabupaten Bangka, Koba Kabupaten Bangka Tengah dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

"Hujan ringan dan hujan lokal juga paling berpeluang terjadi pada siang hari," ujar Nur Setiawan.

Secara umum kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat celsius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian gelombang di jalur-jalur penyeberangan di Kepulauan Bangka Belitung relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa diprakirakan hanya sekitar 0,25 sampai 0,5 meter, di selatan dan utara Pulau Bangka antara 0,25 sampai 0,75 meter dan di Selat Karimata 0,5 sampai 1,0 meter.

Meski relatif normal, para pengguna jasa angkutan dan nelayan tradisonal tetap diimbau agar waspada selama berada di perairan.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan juga cukup bersahabat yakni berkisar antara 8 sampai 30 kilometer per jam dan rata-rata bertiup dari Timur Laut ke Tenggara.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017