Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan kawasan Tanjungpandan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi dilanda hujan sedang hingga lebat yang disertai petir pada Senin (16/10).

Prakirawan dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Minggu, menyebutkan potensi hujan yang disertai petir di wilayah Tanjungpandan paling berpeluang terjadi pada siang sampai sore hari.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Senin diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan di beberapa wilayah terutama pada siang hari.

Secara umum kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 24 sampai 33 derajat celsius dan kelembaban udara 60 hingga 95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung relatif aman.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa dan selatan Pulau Bangka 0,5 sampai 1,25 meter, sedangkan di utara Pulau Bangka dan Selat Karimata 0,25 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada selama berada di perairan, mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan" ujar Rizki Adzani.

Kecepatan angin di perairan dan di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan berkisar antara 8 hingga 40 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Tenggara ke Barat Daya.

Pada bagian lain BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut di  Kepulauan Bangka Belitung masih berpotensi mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut maksimum yang melebihi dua meter dapat terjadi di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka yang mencapai 2,38 meter, dan di Membalong Kabupaten Belitung mencapai 2,36 meter.

Kemudian pasang laut di bawah dua meter diprakirakan terjadi di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,93 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,69 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,51 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,57 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,59 meter.

"Karena pasang air laut dapat mencapai dua meter atau lebih, maka kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar tetap mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Rizki Adzani.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017