Toboali (Antara Babel) - Kelurahan Teladan siap menampung sampah masyarakat Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk dijadikan berbagai produk bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan pendapatan warga di daerah itu.

"Saat ini kita sudah membangun Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, dan Recicle (TPS3R) dan siap menampung serta mengolah sampah masyarakat," kata Lurah Teladan Sutiwan di Toboali, Senin.

Ia menjelaskan kegiatan pengelolaan sampah masyarakat diolah menjadi berbagai produk kerajinan dan pupuk kompos yang bernilai ekonomi tinggi, sehingga dapat menambah pendapatan keluarga warga.

"Selama ini sampah masih menjadi beban masyarakat dan menjadi masalah baru bagi pemerintah daerah, karena belum diolah menjadi produk bernilai ekonimis," katanya.

Sutiwan mengatakan pengolahan sampah akan dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) bersama dengan warga.

"Nanti tempat pengolahannya akan ditempatkan di wilayah RW 06 Kelurahan Teladan,"kata dia.

Menurut dia saat ini hanya ada di Kelurahan Teladan tempat pengolahan sampah karena anggaran yang digunakan dari pusat.

"Tempat pengolahan sampah ini merupakan satu-satunya di Kabupaten Bangka Selatan ini,"ujarnya.

Ia berharap dengan adanya tempat ini masyarakat tidak membuang sampah sembarangan karena sudah ada tempatnya.

"Semoga dengan adanya tempat ini,sampah yang ada di tengah lingkungan masyarakat dapat bernilai ekonomis dan masyarakat diharapkan dapat memilah sampah organik dengan nonorganik," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017