Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian pasang air laut di kawasan pesisir pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (17/10) relatif normal.

"Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter kecuali di Sungailiat Kabupaten Bangka dan Membalong Kabupaten Belitung," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, Senin.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka di prakirakan sekitar 2,26 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,25 meter.

Kemudian ketinggian pasang air laut di bawah dua meter terjadi di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,82 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,54 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,46 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,44 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,36 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau agar warga ataupun wisatawan waspada karena ketinggian pasang air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung cuaca dan kecepatan angin," kata Slamet.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung masih relatif aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, dan di Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka, serta di Selat Karimata sekitar 0,25 sampai 0,75 meter.

Para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional tetap diimbau agar waspada selama berada di perairan, mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan.

"BMKG juga mengimbau agar mewaspadai potensi adanya awan petir (awan cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah," katanya.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 45 kilometer per jam yang bergerak dari Tenggara ke Barat Daya.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Selasa diprakirakan cerah berawan, berawan dan berawan tebal dengan peluang hujan lokal dan hujan sedang yang disertai petir pada siang hari.

Hujan lokal berpeluang terjadi di beberapa wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada pagi sampai siang hari, sedangkan hujan sedang yang disertai petir berpeluang terjadi di wilayah Tanjungpandan Kabupaten Belitung terutama pada siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 22 sampai 33 derajat Celcius dan kelembaban udara 55 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017