Muntok (Antara Babel) - Sebanyak 14 partai politik mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk menjadi peserta Pemilu 2019.

"Hingga pukul 20.00 WIB kami telah menerima sebanyak 14 berkas pendaftaran parpol, kemungkinan masih bertambah karena waktu pendaftaran masih dibuka hingga pukul 24.00 WIB," kata Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi di Muntok, Senin.

Ia mengatakan 14 parpol yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran adalah Partai Persatuan Indonesia, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Solidaritas Indonesia.

Selanjutnya, Partai Golongan Karya, Partai Berkarya, PDI Perjuangan, Partai Nasional Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Demokrat, Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Islam Damai Aman, dan Partai Amanat Nasional.

"Pengurus parpol banyak yang memanfaatkan hari terakhir untuk menyerahkan berkas pendaftaran yang kami buka sejak tanggal 3 hingga 16 Oktober 2017," kata dia.

Ia mengatakan hingga saat ini sudah ada sebanyak 16 parpol yang terdata di Kantor Kesbangpol Kabupaten Bangka Barat, tetapi masih ada yang belum menyerahkan berkas syarat pendaftaran ke KPU Kabupaten Bangka Barat.

"Pada tahap pendaftaran ini kami juga akan melakukan pengecekan jumlah KTP elektronik dan kartu anggota yang terdata dalam aplikasi Sipol KPU. Jika masih ada kekurangan atau ketidakcocokan maka akan diperbaiki," kata dia.

Ia mengakui masih ada beberapa parpol yang berkas persyaratan pendaftarannya terdapat ketidakcocokan antara data Sipol dengan daftar nama, tetapi tidak menjadi masalah dan pihak penyelenggara masih bisa menerimanya.

"Meskipun kelengkapan berkas berupa fotokopi kartu tanda anggota dan KTP elektronik tidak sama dengan data Sipol, berdasarkan SK KPU RI Nomor 580 tidak masalah, yang penting data yang disampaikan sudah melampaui batas minimal satu per 1.000 jumlah penduduk Kabupaten Bangka Barat, yaitu 190 orang," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017