Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan wilayah Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi dilanda hujan disertai petir pada Rabu (25/10).

"Hujan sedang hingga lebat yang disertai petir paling berpeluang terjadi di wilayah Jebus di Kabupaten Bangka Barat dan di Belinyu Kabupaten Bangka terutama pada pagi sampai siang dan dini hari," ujar prakirawan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Evi Diana P, Selasa.

Secara umum cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu cerah dan cerah berawan dengan potensi hujan lokal, hujan ringan, dan hujan sedang di sebagian wilayah.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan pada kisaran 10 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 33 derajat Celsius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung masih relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, Selatan Bangka, dan Utara Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, sedangkan di Selat Karimata sekitar 0,25 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan dan juga nelayan tradisonal agar tetap waspada selama berada di perairan mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali gelombang signifikan," ujar Evi Diana.

Sementara itu BMKG juga mengimbau agar mewaspadai adanya awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8 sampai 30 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Pada bagian lain BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut di sebagian pesisir pantai di Kepulauan Bangka Belitung masih berpotensi mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut maksimum yang melebihi dua meter berpotensi terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung mencapai 2,34 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 2,26 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,06 meter.

Kemudian di bawah dua meter diprakirakan terjadi di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,83 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,77 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,63 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,60 meter.

"Kami tetap mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Evi Diana.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017