Jakarta (Antara Babel) - Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membuat kejutan dengan menaklukkan unggulan keempat asal China Li Junhui/Liu Yuchen di putaran pertama turnamen bulu tangkis Prancis Terbuka 2017.

Laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dikutip di Jakarta, Rabu, menyebutkan dalam laga putaran pertama Prancis Terbuka 2017 yang dilangsungkan di Stadion Stade Pierre de Coubertin, Paris, Rabu, Fajar/Rian mampu menumbangkan pasangan China tersebut dalam pertarungan dua gim langsung dengan skor 19-21, 13-21.

Kemenangan pasangan Indonesia atas Li/Liu yang pernah bertengger di rangking satu dunia ini, menjadi hasil gemilang ketiga ganda putra Indonesia atas duet China dalam tiga turnamen berturut-turut.

Yang pertama terjadi di Kejuaraan Dunia 2017, di mana Li/Liu dihentikan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro dengan skor 21-19, 18-21, 18-21. Lalu saat Denmark Terbuka Super Series Premier 2017, Li/Liu ditaklukkan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dengan skor 18-21, 9-21.

Ganda putra senior Indonesia lainnya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juga memiliki keunggulan 2-1 dalam catatan rekor pertemuan dengan dua pertemuan terakhir dimenangkan Marcus/Kevin.

"Senior-senior kami akhir-akhir ini bisa mengalahkan Li/Liu, tentunya ini menjadi motivasi buat kami. Kunci kemenangan kami adalah dari servis dan pengembalian servis. Kami juga bermain agresif," kata Rian dalam keterangannya.

Sementara itu, bagi Fajar, kemenangan atas Li/Liu ini sendiri memang menjadi targetnya karena sudah menderita tiga kekalahan kala bersua duet China, namun dia juga mengaku tidak menyangka kemenangan ini akan terjadi dalam dua gim.

"Kami tidak menyangka juga menangnya dua gim langsung, karena mereka kan pasangan top level. Kami hanya siap dengan strategi bermain yang tepat dan kami mengikuti instruksi pelatih bagaimana membuat lawan mainnya jadi nggak enak," ucap Fajar.

Keberhasilan Fajar/Rian ini menjadikan seluruh wakil ganda putra Indonesia lolos ke putaran dua Prancis Terbuka 2017 setelah sebelumnya Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro juga lolos ke putaran kedua usai menundukkan Lu Ching Yao/Yang Po Han (Taiwan) dengan skor 21-17, 21-18.

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017