Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Senin (30/10) berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Waspadai potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang pada siang sampai sore hari di seluruh wilayah Kepulauan Bangka Belitung," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, Minggu.

Hujan lokal dan hujan ringan juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada pagi, siang, malam, dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat celsius dan kelembaban udara 60 hingga 100 persen.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian gelombang di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung masih relatif normal dan aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan sekitar 0,25 sampai 0,5 meter, sedangkan di Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka, dan Selat Karimata sekitar antara 0,25 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan dan juga nelayan tradisonal agar tetap waspada selama berada di perairan, mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali gelombang signifikan," ujar Slamet.

Di sisi lain BMKG juga mengimbau agar mewaspadai awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Sementara itu, kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8 sampai 37 kilometer per jam, dan rata-rata bertiup dari Barat daya ke Utara, dari Timur Laut ke Tenggara, dan dari Timur ke Selatan.

Pada bagian lain ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Kepulauan Bangka Belitung masih berpotensi mencapai dua meter atau lebih dan harus diwaspadai.

Ketinggian pasang air laut maksimum yang melebihi dua meter berpotensi terjadi di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 2,36 meter, dan di Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,35 meter.

Kemudian pasang air laut di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,94 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,62 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,55 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,56 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,55 meter.

"Mengingat ketinggian pasang air laut dapat mencapai dua meter atau lebih maka kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar tetap waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Slamet Supriyadi.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017