Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta Tm Saber Pungli bekerja  secara profesional untuk menciptakan pemerintahan yang bersih.

Wakil Wali Kota Pangkalpinang M Sopian di Pangkalpinang, Senin, mengatakan dalam melaksanakan tugasnya Tim Saber Pungli diharapkan bertindak tegas terhadap oknum baik anggota kepolisian, aparatur kejaksaan maupun ASN Pemkot Pangkalpinang.

"Apabila memang terindikasi melakukan pungli, tindak dan proses sehingga keberadaan Saber Pungli di Pemkot Pangkalpinang bisa memberikan efek jera. Selain itu kami juga ingin memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa keberadan tim ini bukan hanya serimonial, tetapi bekerja sesuai aturan," katanya.

Sopian berharap dengan adanya Saber Pungli tidak ada lagi aparatur sipil negara yang berani bermain dalam tanda kutip melakukan tindakan pungli.

"Satgas Saber Pungli ada di mana-mana, baik di kepolisian, kejaksaan maupun, pemerintah kota, termasuk setda dan inspektorat," ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkot Pangkalpinang harus merancang atau membuat suatu program karena Saber Pungli berhubungan dengan layanan perizinan dan lain sebagainya.

"Ke depan kami menginginkan dalam pelayanan antara pelayan dan yang dilayani tidak bertatap muka langsung. Misalkan ada kewajiban membayar retribusi dan lain sebagainya, harus via bank. Jadi tidak ada hubungan antara keduanya. Hal itu akan mempersempit peluang pungli," jelasnya.

Selain itu kata dia, pihaknya juga ingin menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih. Untuk itu, tim Saber Pungli harus berhasil dalam menjalankan tugasnya sehingga bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terkait dengan pelayanan

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017