Muntok (Antara Babel) - Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melantik sebanyak 18 anggota Panwaslu Kecamatan yang akan bertugas pada Pemilu 2019.

"Sebanyak 18 orang tersebut telah melalui proses penjaringan yang cukup ketat dan memenuhi persyaratan untuk ditetapkan sebagai anggota Panwaslu Kecamatan yang akan bertugas pada Pemilu Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden 2019," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio F Fahlevi di Muntok, Selasa.

Ia mengharapkan anggota Panwaslu Kecamatan mampu melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta mengoordinasikan fungsinya sesuai dengan divisi yang telah ditetapkan melalui rapat pleno masing-masing anggota.

Selain itu, kata dia, dukungan terhadap pelaksanaan seluruh program pengawas pemilu pada tingkat di atasnya juga perlu diperhatikan agar bisa melaksanakan pengawasan yang sudah diamanatkan.

"Selamat bertugas para anggota Panwaslu Kecamatan, jadilah pengawas yang berintegritas dan profesional sebagai jati diri lembaga pengawas pemilu," katanya.

Ia mengingatkan para anggota Panwaslucam terpilih agar selalu siap menghadapi tantangan dalam pelaksanaan pemilu. Salah satu yang harus diemban adalah penerapan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum sebagai dasar atau landasan hukum  pemilihan legislatif, pemilihan presiden dan wakil presiden.

Aturan tersebut bukan hanya untuk pengawas pemilu, namun juga partai politik, pasangan calon yang akan menjadi peserta pemilu dan KPU beserta jajarannya.

"Kami berharap pelaksanaan pemilu dapat berpihak pada peraturan perundangan dan dilaksanakan secara damai untuk mengukur keberhasilan pemilu," kata Rio.

Wakil Bupati Bangka Barat Markus memberikan apresiasi kepada panitia yang berhasil menggelar penjaringan dan para anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik.

"Mereka adalah para anggota yang telah diuji dan terbaik dari semua pendaftar, kami yakin dapat menjalankan tugas dan fungsinya dalam pelaksanaan Pemilu 2019 dengan baik," kata Markus.

Ia berharap anggota Panwaslu Kecamatan dapat melaksanakan tugasnya sesuai tupoksi, dengan harapan pelaksanaan pengawasan pemilu nanti dapat terselenggara dengan baik, sukses dan lancar.

Sebanyak 18 orang anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik, sebelumnya sudah melalui proses seleksi tahapan mulai dari administrasi, tes tertulis dan wawancara yang ketat dari 79 orang calon yang mendaftar.

Pelantikan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bangka Barat yang dilaksanakan di Pesanggrahan Menumbing, dihadiri Wakil Bupati Markus, Komisioner Bawaslu Babel Firman TB Pardede, Wakapolres Siswo Dwi Nugroho, Komisioner KPU Harpandi, Wakil Ketua I DPRD Badri Syamsu, sejumlah pejabat daerah dan pengurus parpol serta ormas di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017