Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar apel dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN)  Ke-53 , Senin (13/11).

Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M Sopian, Senin, mengatakan untuk Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengangkat tema "Keluarga Sehat Indonesia Kuat", di mana tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga.

"Komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana kesahatan, prilaku keluarga juga bisa memiliki dampak besar dalam pembentukan prilaku individu," katanya.

Selain itu, keluarga juga merupakan pengalaman pertama bagi anak anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak tumbuh dan berkembang.

"Untuk itu kita perlu terus berupaya dalam membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khsususnya di lingkungan keluarga," ujarnya.

Dia mengatakan, HKN Ke-53 ini diharapkan jadi momentum untuk seluruh insan kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik yang promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia, sehingga tercipta masyarakat yang produktif dan berperan aktif dalam pembangunan nasional.

"Marilah kita sama-sama menyukseskan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga," katanya.

Dalam pelaksanaan Apel HKN ke-53 tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada pihak ketiga terhadap dukungan pelaksanaan pencanangan Germas,  penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan tingkat Kota Pangkalpinang dan pemberian penghargaan kepada sanitarian Puskesmas atas pencapaian kelurahan ODF Program Berbasis Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Selain itu penghargaan juga diberikan kepada pengelola kesehatan keluarga terbaik tahun 2017 dan pemberian penghargaan prestasi pencapaian sakupan tertinggi pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim dangan metode IVA TEST sampai dengan Oktober 2017.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017