Pangkalpinang (Antara Babel) - Wakil Ketua Komisi X DPR Republik Indonesia, Sutan Adil Hendra mendukung empat program strategis Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kami sudah mendengar semua program dan persoalan daerah ini dalam merealisasikan empat program pendidikan, perhubungan, pariwisata dan olahraga," kata Sutan Adil Hendra di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan terkait masalah pendidikan, Kemendikbud menganggarkan Rp28 miliar untuk mendukung pendidikan dan Kemenpan juga menyalurkan dana dekon sebesar Rp8 miliar untuk Provinsi Kepulauan Babel.

Sedangkan anggaran lainnya di Kemenpora ada Rp5 triliun untuk persiapan ASEAN Game dan setiap provinsi yang dilewati mendapatkan Rp1,5 triliun.

"Komisi X mendorong semua yang diusulkan Babel. Namun untuk petunjuk tehnis dan realisasi anggaran harus dicermati agar pembangunan di daerah ini tepat sasaran," ujarnya.

Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah menyambut baik kunjungan kerja rombongan anggota Komisi X DPR RI ke Pangkalpinang, agar dapat mengetahui persoalan yang ada di daerah ini.

"Kita senang sekali dengan kunjungan rombongan komisi X ini, karena kita yakin akan memberi manfaat bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat daerah ini," katanya.

Dalam kesempatan ini Abdul Fattah memaparkan beberapa program strategis dan berbagai persoalan di Babel, terkait bidang pendidikan, perhubungan, pariwisata dan olahraga.

"Untuk pendidikan, masih banyak tenaga pendidik belum memiliki sertifikasi dan kualifikasi guru masih tergolong rendah sehingga kualitas pendidikan juga belum optimal," ujarnya.

Ia mengatakan untuk mempercepat jalur transportasi laut, pemprov menyusun beberapa proyek strategis nasional seperti tol/trans sumatra, pembangunan KEK di Pulau Bangka dan pemindahan Pelabuhan Pangkalbalam ke Pantai Pasir Padi Pangkalpinang.

"Semoga apa yang kita sampaikan dihadapan rombongan Komisi X ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat Babel," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017