Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian pasang air laut di kawasan pesisir pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (15/11) relatif normal.

"Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter kecuali di Membalong Kabupaten Belitung dan Sungailiat Kabupaten Bangka," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Selasa.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung diprakirakan sekitar 2,10 meter dan di Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 2,00 meter.

Kemudian ketinggian pasang air laut di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,70 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,36 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,20 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,18 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,00 meter.

"Namun kami tetap mengimbau agar warga atau wisatawan waspada karena ketinggian pasang air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung cuaca dan kecepatan angin," kata Rizki.

Pada kesempatan itu BMKG juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung masih relatif aman dan normal.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa dan Selatan Bangka sekitar 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar 0,25 sampai 1,0 meter.

Para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional tetap diimbau agar waspada selama berada di perairan, mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan.

"BMKG juga mengimbau agar mewaspadai potensi adanya awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah," katanya.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan di Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang bergerak dari Barat Laut ke Timur Laut, dari Timur ke Selatan, dari Tenggara ke Barat Daya, dan dari Barat Daya ke Barat Laut.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir pada siang sampai sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi di beberapa wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada siang sampai sore dan dini hari.

Kemudian hujan sedang hingga lebat yang disertai petir berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Selatan pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017