Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan wilayah Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi dilanda hujan disertai petir pada Sabtu (18/11).

"Hujan sedang hingga lebat yang disertai petir paling berpeluang terjadi di wilayah Toboali Kabupaten Bangka Selatan dan di Tanjungpandang Kabupaten Belitung terutama pada siang sampai sore hari," ujar prakirawan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Jumat.

Secara umum cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Sabtu cerah berawan dan berawan dengan potensi hujan lokal dan hujan ringan di sebagian besar wilayah.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 24 sampai 31 derajat Celsius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Pada kesempatan itu BMKG memprakirakan ketinggian gelombang di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung masih relatif normal dan aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, sedangkan di Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka, dan Selat Karimata sekitar 0,25 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan dan juga nelayan tradisonal agar tetap waspada selama berada di perairan mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali gelombang signifikan," ujar Rizki Adzani.

Sementara itu BMKG juga mengimbau agar mewaspadai awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan diprakirakan berkisar antara 8 sampai 30 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Barat Laut ke Timur Laut dan dari Selatan ke Barat.

Pada bagian lain BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut di sejumlah pesisir pantai Kepulauan Bangka Belitung masih rata-rata di bawah dua meter dan relatif aman, kecuali di Membalong Kabupaten Belitung yang berpotensi mencapai 2,10 meter.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka diprakirakan sekitar 1,61 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,70 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,74 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,00 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,10 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,00 meter.

"Kita mengimbau agar warga atau wisatawan tetap mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Rizki Adzani.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017