Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan memaparkan prestasi yang diraih kabupaten/kota pada upacara peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Babel ke-17 untuk memotivasi agar terus meningkatkan kinerja demi percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kita segaja memaparkan prestasi yang telah diraih pemkab/pemkot sebagai dorongan dan semangat untuk terus bekerja keras, berinovasi dan berprestasi," kata Erzaldi pada upacara HUT ke-17 Provinsi Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan Kabupaten Bangka Barat tercatat memiliki prestasi yang menonjol di bidang kesehatan dan pertanian, antara lain menjadi satu dari 13 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat sertifikat eliminasi filariasis atau kaki gajah, posyandu meraih prestasi tingkat nasional dan berhak atas penghargaan Upakarti Madya Pertama dan juga penyuluh pertanian yang dinobatkan sebagai peringkat kedua penyuluh pertanian teladan tingkat nasional 2016.

Sedangkan Kabupaten Bangka, berulang kali mendapatkan penghargaan Adipura 2017, penghargaan BUMDes terbaik nasional kategori perintis turisme nasional, penghargaan Anubhawa Sasana Desa atau desa sadar hukum, Indonesia Road Safety Award dan penghargaan Wahana Tata Nugraha.

"Untuk inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi Kabupaten Bangka juga memperoleh penghargaan Implementasi Smart City Nusantara 2017," ujarnya.

Selanjutnya prestasi yang diraih Kabupaten Bangka Tengah, yaitu memperoleh penghargaan dalam mendorong percepatan penerbitan izin usaha kepada pelaku usaha mikro dan kecil. Penghargaan atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan produktivitas Sidakarya, serta penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya.

"City On Fire Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha serta berbagai event pariwisata nasional lainnya," ujarnya.

Kemudian Kabupaten Belitung memperoleh penghargaan Satya Lencana Wirakarya Pembangunan dari Presiden RI. Penghargaan Natamukti Penata dari Internasional Council For Small Business, dan penghargaan The 1 Sumatera PR Indonesia Media Relationship Award and Summit.

Kabupaten Belitung Timur dua tahun berturut pada 2016 dan 2017 mendapatkan penghargaan tingkat nasional atas pencapaian cakupan kepemilikan kelahiran anak.

Sedangkan Kota Pangkalpinang berhasil memperoleh penghargaan Adipura 2017, Pastika Parahita atas penerapan Perda kawasan Tanpa Rokok, penghargaan Lencana Melati dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan penghargaan atas prestasi dalam pembinaan dan upaya penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

"Semoga capaian prestasi tersebut mendorong kita untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan terus berinovasi untuk berprestasi," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017