Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal pada Jumat (15/12).

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan hanya antara 0,2 sampai 1,0 meter dan relatif aman," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Kamis.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan hanya antara 0,2 sampai 0,5 meter, di Selat Gelasa, Selatan Bangka, dan Utara Bangka antara 0,5 sampai 0,75 meter, sedangkan di Selat Karimata sekitar 0,5 sampai 1,0 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi adanya angin kencang dan awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 36 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara.

Pada kesempatan itu BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut di sebagian pesisir pantai di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata masih di bawah dua meter dan juga relatif aman.

Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,02 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 1,59 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,64 meter.

Kemudian di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,72 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 0,97 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,78 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,58 meter.

"Kami tetap mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Nur Setiawan.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Jumat diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah terutama pada siang sampai sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi di seluruh wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada pagi, siang, dan dini hari.

Kemudian hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Kota Pangkalpinang, Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur terutama pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017