Pangkalpinang (Antaranews Babel) - PT Jasa Raharja (Persero) cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pelayanan melalui integrasi informasi teknologi agar masyarakat dapat mudah dan cepat mendapatkan informasi dan santunan kecelakaan lalu lintas di daerah itu.

"Pada usia 57 tahun Jasa Raharja ingin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyesuaikan tema ulang tahun yang diangkat kali ini, yaitu Peningkatan Pelayanan melalui integrasi IT dan HR," kata Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kepulauan Babel, Dodi Apriansyah di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan, Jasa Raharja sebagai institusi pelayanan publik, kecepatan adalah indikator perusahaan melayani masyarakat. Untuk itu, Jasa Raharja terus berinovasi untuk meningkatkan kecepatan pelayanan dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi.

"Keluarga korban kecelakaan dapat pengajuan santunan dengan mudah yaitu hanya mengakses website Jasa Raharja atau melalui Aplikasi Mobile Jasa Raharja yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa Jasa Raharja berusaha agar tidak ada hak masyarakat yang terabaikan. Terkait kecepatan pembayaran santunan, hal ini tak lepas dari kerja sama yang sudah dijalin Jasa Raharja dengan beberapa pihak.

"Sampai saat ini sudah bekerjasama dengan sembilan rumah sakit. Jika ada kecelakaan dan korban mengalami luka-luka, maka Jasa Raharja akan segera menerbitkan guarantee letter dengan QR Code di dalamnya," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, pihak rumah sakit hanya melakukan scan terhadap QR Code tersebut untuk memonitoring terkait kepastian jaminan bagi korban kecelakaan lalu lintas bahwa biaya rumah sakit yang ditanggung Jasa Raharja senilai maksimal Rp20 juta.

Selain itu, kerja sama juga dijalin dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan kepolisian. Kerja sama ini membuat Jasa Raharja memiliki akses untuk mendapatkan data-data korban kecelakaan lalulintas, yang digunakan sebagai syarat pencairan santunan.

"Melalui kerja sama ini, pihaknya bisa mendapatkan informasi kecelakaan secara lebih cepat dan akurat melalui aplikasi milik kepolisian. Hal ini pun membuat seluruh kecelakaan bisa diakses oleh Jasa Raharja dengan mudah sehingga penyampaian santunan bisa langsung diberikan," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018