Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2018 akan menggelar 127 even pariwisata skala provinsi, nasional dan internasional guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Even pariwisata tahun ini sesuai hasil koordinasi dengan tujuh kabupaten/kota dalam mempercepat pembangunan sektor pariwisata di daerah ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Babel, Rivai di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan sebanyak 127 even pariwisata tahun ini berupa even olahraga, wisata dan budaya, misalnya MXGP dan triathlon yang akan digelar di Kabupaten Bangka.

Sedangkan even pariwisata tingkat nasional dari Kementrian Pariwisata yaitu Festival City on Fire di Kabupaten Bangka Selatan, Cheng Beng di Tongachi Beach Kabupaten Bangka, Pesona Beach di Belitung dan Festival Tanjung Kelayang.

"Pada tahun ini pemerintah provinsi juga akan menggelar beberapa even di antaranya Babel 10K, Advancer Trail, Jetsky Race, Motorcross dan Jazz on the Beach yang akan digelar di Pangkalpinang dan Belitung," ujarnya.

Selanjutnya Disbudpar juga akan menggelar ajang Festival Budaya Melayu pada Juni 2018 bersamaan dengan MXGP tingkat internasional.

"Dari 127 even hanya ajang Festival Budaya Melayu saja yang anggarannya dari Disbudpar sebesar Rp900 juta, sementara untuk yang lainnya kita hanya memfasilitasi dan mendukung penyelenggaran melalui dana dukungan even," ujarnya.

Rivai mengatakan total anggaran untuk pariwisata 2018 masing-masing untuk promosi Rp2,4 miliar dan ajang budaya Rp1,8 miliar.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018