Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Gubenur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan daerahnya memiliki potensi unggulan terutama di sektor bahari dan pariwisata dengan prioritas utama menjadikan Bangka Belitung sebagai destinasi wisata bertaraf internasional.

"Untuk mendukung percepatan pengembangan sektor pariwisata Pemprov Babel juga akan menggelar even-even nasional dan internasional," ujar gubernur melalui keterangan tertulis yang diterima di Pangkalpinang, Kamis.

Ketika menghadiri syukuran atas keberhasilan Pramuka Saka Bahari Bangka Belitung meraih predikat sebagai juara umum tingkat nasional dalam lomba pelayaran lingkar Nusantara Sail Sabang 2017 ia menyebutkan bahwa daerahnya memiliki potensi bahari yang sangat mengagumkan.

Sebagai provinsi dengan dua pulau andalan, yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung, potensi baharinya sangat luar biasa. Babel memiliki banyak pantai indah pada bentang pantai sepanjang 1.200 kilometer dengan ratusan pulaunya. Perairan Pulau Bangka dan Pulau Belitung juga menyimpan berbagai potensi produk kelautan yang menjanjikan.

"Potensi bahari dapat dikembangkan baik dari sisi pariwisata ataupun pengembangan produksi kelautan yang memiliki daya saing, namun perkembangan ekonomi suatu daerah tentu sangat tergantung dari konektivitas antardaerah," ujar Erzaldi.

Konektivitas ini sangat dipengaruhi oleh pengembangan infrastruktur seperti jalan, jembatan, pelabuhan, terminal angkutan darat dan juga bandara. Oleh karena itu Babel harus memiliki semua fasilitas itu.

Kehadiran Laskar Pelangi di Belitung Timur juga menjadi berkah, apalagi kini dijadikan kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk pengembangan pariwisata.

"Inspirasi Laskar Pelangi menjadi pelajaran berharga bahwa hadirnya sejarah tentang sebuah tempat bisa menghasilkan dampak sistemik bagi sebuah objek wisata, ketimbang pemerintah sibuk menghabiskan dana untuk belanja promosi. Artinya, brand sebuah objek wisata perlu dipertimbangkan untuk diperkuat dengan menghadirkan kemasan yang lebih otentik dan historik," katanya.

Beberapa program dan kebijakan Pemprov Babel dalam kaitan membangun potensi bahari dan pariwisata antara lain memperbanyak kegiatan seni budaya atau olahraga yang bernuansa bahari level nasional dan internasional, festival budaya Melayu, festival kuliner Bangka Belitung, karnaval budaya Serumpun Sebalai, ajang triathlon, marathon dan beberapa agenda lainnya.

Program lain yang diyakini mampu meningkatkan pertumbuhan kunjungan wisatawan adalah rebranding pantai-pantai melalui desain yang menarik seperti cerita atau sejarah keunggulan pantai tersebut dibanding pantai lain.

"Tidak kalah pentingnya adalah memberikan insentif kepada investor pariwisata untuk membangun bisnis pariwisatanya di Bangka Belitung melalui pembangunan infrastruktur secara memadai demi pengembangan konsep `waterfront city`," ujarnya.

Kebijakan lainnya yang dianggap perlu perhatian adalah memberikan dukungan kepada masyarakat berupa pemberian alat-alat yang modern dan pendampingan proses hilir bagi hasil perikanan nelayan guna meningkatkan produktivitas dan nilai tambah produk.

"Pemprov Babel juga terus berupaya mendukung pelaku usaha sektor bahari untuk mengembangkan sektor usaha yang ramah lingkungan," demikian Gubernur Erzaldi Rosman.

Pewarta:

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018