Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Yayasan YPAC Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi PT Timah Tbk sebagai donatur tetap yayasan untuk meningkatkan pendidikan anak penyandang disabilitas kurang mampu di daerah itu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Timah yang telah membantu biaya operasional dan gaji para guru yayasan dalam menciptakan siswa mandiri," kata Ketua Umum Yayasan YPAC Pangkalpinang, H Andi Fikri SH, MM di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini jumlah anak didik di yayasan yang berdiri 63 tahun lalu itu sebanyak 93 orang dan mereka berasal dari keluarga kurang mampu. Yayasan sendiri hingga kini masih menempati bangunan yang dipinjam pakai dari PT Timah.

Kepala Devisi PKBL Ali Syamsuri  saat menghadiri Forum Sinergi BUMN Kepulauan Babel di YPAC Pangkalpinang, Selasa (13/2). (babel.antaranews.com/Aprionis)

Anak-anak di yayasan dididik oleh 15 orang guru yang terdiri atas tiga orang pegawai negeri sipil dan sisanya guru yayasan atau masih kekurangan guru berpendidikan khusus untuk mendidik dan mengasah keterampilan anak-anak. Idealnya paling tidak punya 20 orang guru.

Ia juga menyebutkan bahwa gaji para guru masih jauh di bawah UMP, yakni hanya Rp1,2 juta hingga Rp1,5 juta per bulan dari UMP Kepulauan Babel yang mencapai Rp2,7 juta.

"Dalam kondisi sekarang ini kita masih sangat kekurangan, apalagi jika hendak menyetarakan gaji guru sesuai UMP," katanya.

Foto bersama jajaran pimpinan BUMN yang tergabung dengan Forum Sinergi BUMN Kepulauan Babel bersama para pengurus, guru, serta sebagian anak didik di Yayasan YPAC Pangkalpinang, Selasa (13/2). (babel.antaranews.com/Rustam E)

Menurut dia selama ini dana untuk operasional dan gaji guru yayasan berasal dari bantuan PT Timah, sumbangan dari orang tua siswa dan bagi hasil penjualan kerajinan siswa.

"Tanpa bantuan PT Timah, niscaya  yayasan dapat memberikan pendidikan dan pelatihan maksimal kepada anak didik. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada PT Timah yang telah peduli dengan pendidikan anak-anak penyandang disabilitas ini," katanya.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk  Amin Haris Sugiarto melalui Kepala Devisi PKBL Ali Syamsuri berharap dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban YPAC dalam meningkatkan pendidikan anak-anak penyandang disabilitas di daerah ini.

"Ini merupakan komitmen dan kepedulian perusahaan untuk membantu yayasan yang mengalami kesulitan keuangan untuk membiayai operasional dan gaji guru," katanya.   

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018