Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta seluruh kepala sekolah dasar (SD) di daerah itu menyusun jadwal pemberian makanan tambahan untuk anas sekolah (PMTAS) guna mendukung pertumbuhan dan pemenuhan gizi generasi penerus bangsa di daerah itu.

"Jadwal pemberian makanan tambahan ini harus dibuat agar terkoordinasi dengan baik dan mudah memonitornya," kata Asisten I Setda Kepulauan Babel, Haryoso saat menghadiri rapat koordinasi PMTAS 2018 di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, PMTAS menjadi salah satu program pemerintah untuk mewujudkan generasi emas yang unggul serta sebagai wujud tanggung jawab pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM di daerah.

"PMTAS ini untuk memenuhi kecukupan protein siswa dan memberi ketahanan tubuh bagi siswa selama di sekolah," ujarnya.

Makanan tambahan harus berasal dari pangan lokal dan pihak sekolah wajib memberi jadwal serta menyusun menu makananan agar sehat, seimbang dan bergizi.

"PMTAS kita jadwalkan pada Februari hingga Mei 2018 dan sebelum Ramadhan sudah selesai dilaksanakan," ujarnya.

Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel, Melati Erzaldi menambahkan PMTAS diprogramkan untuk siswa SD di enam kabupaten/kota se-Babel. Kepala sekolah wajib memonitor jadwalnya sekaligus menggunakan makanan lokal yang seimbang, sehat dan bergizi.

"Tujuan akhir PMT-AS adalah mengajari anak agar terbiasa mengonsumsi makanan sehat di sekolah," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018