Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan cuaca di wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Selasa (20/2) cerah berawan.

"Sepanjang Selasa cuaca di seluruh daratan diperkirakan cerah, cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal di beberapa wilayah," ujar prakirawan Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Omar Mukhtar, Senin.

Sementara itu, kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,0 sampai 0,75 meter dan relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selatan Bangka diprakirakan antara 0,0 sampai 0,5 meter, sedangkan di Selat Gelasa, Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar antara 0,25 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," katanya.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 10 hingga 27 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara dan dari Barat Laut ke Utara.

Pada bagian lain BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter dan relatif aman kecuali di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai 2,03 meter.

Pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka dipakirakan sekitar 1,88 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,66 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,44 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 0,89 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,08 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 0,95 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Omar Mukhtar.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018