Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif normal pada Rabu (21/2).

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan hanya antara 0,0 sampai 0,75 meter dan relatif aman," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Selasa.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan hanya antara 0,0 sampai 0,5 meter, di Selatan Bangka antara 0,0 sampai 0,75 meter, di Selat Gelasa dan Utara Bangka antara 0,25 sampai 0,5 meter, sedangkan di Selat Karimata sekitar 0,25 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Anggun.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi adanya awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 10 hingga 30 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara dan dari Barat Laut ke Utara.

Pada kesempatan lain BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata masih di bawah dua meter dan relatif aman kecuali di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai 2,00 meter.

Pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka dipakirakan sekitar 1,67 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,66 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,56 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,05 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,86 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,54 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Anggun Rahmania.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal di beberapa wilayah terutama pada siang dan malam hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018