Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan wilayah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berpotensi dilanda hujan disertai petir pada Kamis (22/2).

"Hujan sedang hingga lebat yang disertai petir berpeluang terjadi di wilayah Sungailiat Kabupaten Bangka terutama pada siang sampai sore hari," ujar prakirawan dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Rabu.

Secara umum cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Kamis cerah berawan, berawan, dan berawan tebal dengan potensi terjadi hujan lokal dan hujan ringan di beberapa wilayah.

Kecepatan angin di seluruh daratan diprakirakan pada kisaran 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat Celsius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang juga memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,5 sampai 0,75 meter dan relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa diprakirakan antara 0,5 sampai 0,75 meter, sedangkan di Selatan Bangka, Utara Bangka dan Selat Karimata juga berkisar antara 0,5 sampai 0,75 meter.

"Namun kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Rizki.

Di sisi lain BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi angin kencang dan awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara dan dari Barat Laut ke Timur Laut.

Pada bagian lain BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata masih di bawah dua meter dan relatif aman kecuali di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai 2,00 meter.

Pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka dipakirakan sekitar 1,67 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,81 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,70 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,25 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 0,86 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 0,54 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Rizki Adzani.


Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018