Barcelona  (Antaranews Bb/Reuters) - Para penyerang Barcelona Lionel Messi, Philippe Coutinho, dan Luis Suarez bekerja sama dengan apik untuk memberikan dampak menghancurkan dan menang 6-1 atas Girona pada Sabtu, ketika mereka kini unggul sepuluh poin di puncak klasemen Liga Spanyol dan mencatatkan rekor klub dengan 32 pertandingan tanpa terkalahkan di liga. 

Penyerang tim tamu Portu membawa Girona secara mengejutkan unggul terlebih dahulu pada menit ketiga pada pertandingan liga pertama mereka di Nou Camp. Bagaimanapun, Suarez dengan cepat menyamakan kedudukan, sedangkan dua gol dari Messi dan satu gol lagi dari pemain Uruguay itu membawa Barca memimpin 4-1 saat turun minum.

Pemain termahal Barca Coutinho merupakan pengumpan gol kedua Suarez dan kemudian mengemas gol untuk pertama kalinya di Liga Spanyol melalui tembakan jarak jauh spektakuler dari luar kotak penalti pada menit ke-66. Suarez melengkapi trigolnya pada menit ke-76, dengan memanfaatkan umpan tarik Ousmane Dembele.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal pada Sabtu, trio "BBC" milik Real Madrid yakni Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema menjadi pencetak gol saat mereka menang 4-0 atas tamunya Alaves, kemenangan beruntun kelima di semua kompetisi untuk pasukan Zinedine Zidane.

Barca memimpin klasemen dengan 65 poin, unggul sepuluh poin atas Atletico Madrid, yang akan mengunjungi Sevilla pada Minggu dan unggul 14 poin atas juara bertahan Real.

Pasukan Ernesto Valverde juga melampaui laju terpanjang klub tanpa kekalahan di liga, yang telah bertahan sejak April 2011 ketika Pep Gaurdiola masih mengarsiteki klub Katalan itu.

Valverde menggunakan formasi 4-4-2 untuk sebagian besar musim ini namun setelah timnya ditahan imbang 1-1 di markas Chelsea di Liga Champions pada Selasa, sang pelatih memilih untuk menggunakan formasi menyerang 4-3-3 melawan Girona, di mana Dembele sering bergabung dengan trio pemain Amerika Selatan itu untuk menciptakan serangan empat orang.
   
Operan tumit

Ronaldo membawa Real memimpin menjelang turun minum, mengambil keuntungan dari operan tumit Benzema dan sebelum merayakan gol ia menunjuk kepada rekannya yang berasal dari Prancis itu, yang belakangan menjadi subyek kritik para penggemar tuan rumah dalam beberapa pekan terakhir.

Benzema juga menjadi katalis untuk gol kedua Real yang tercipta pada menit pertama babak kedua, di mana sang penyerang memenangi bola di lapangan tengah dan merangsek menuju gawang lawan, menyodorkannya ke jalur pergerakan Bale untuk diselesaikan pemain internasional Wales ini ke dalam tiang dekat.

Ronaldo mencetak gol ketiga Real hari ini dan merupakan gol ke-299nya di Liga Spanyol pada menit ke-61, menyambar umpan tarik dari pemain sayap Lucas Vazquez dan menaklukkan mantan kiper Real Fernando Pacheco. 

Ronaldo kemudian membuang peluang untuk mencatatkan trigol dengan memberikan bola penalti kepada Benzema setelah Bale dijatuhkan di kotak terlarang, dan pemain Prancis itu tidak melakukan kesalahan, mengonversinya dari titik putih pada menit ke-89.

Ini merupakan pertama kalinya Benzema menjadi eksekutor penalti untuk Real dan pertama kalinya ia, Bale, dan Ronaldo ketiganya mencetak gol pada pertandingan yang sama sejak 2016.

"BBC selalu penting bagi kami, dan itulah yang kami inginkan untuk dirasakan 100 persen oleh semua pemain. Namun Lucas (Vazquez) sangat bagus juga. Para penyerang kami tampil benar-benar baik," kata Zidane pada konferensi pers.

"Saya sangat senang dengan bahasa tubuh Ronaldo," tambahnya.

"Ini merupakan permainan tim dan itu merupakan bahasa tubuh yang bagus. Karim bermain sangat baik dan ia layak untuk mencetak gol sebab ia banyak berkontribusi pada pembangunan permainan kami."

Pewarta: -

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018