Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang laut di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif aman pada Rabu (28/2).

"Ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan diprakirakan sampai 0,75 meter dan masih relatif aman untuk aktivitas di laut," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Evi Diana P, Selasa.

Ketinggian gelombang di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selat Gelasa, dan Selatan Bangka diprakirakan hanya sampai 0,5 meter, sedangkan di Utara Bangka dan Selat Karimata sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar tetap waspada selama berada di perairan mengingat ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan," kata Evi.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin pada jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara dan dari Barat Laut ke Timur Laut.

Pada kesempatan lain BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di beberapa kawasan pesisir pantai berpotensi mencapai dua meter atau lebih.

Pasang laut yang mencapai dua meter atau lebih diperkirakan terjadi di pesisir pantai Membalong Kabupaten Belitung yang mencapai 2,42 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,49 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,07 meter.

Kemudian Pasang laut di bawah dua meter berpotensi terjadi di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,94 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,74 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,91 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,68 meter.

"Oleh karena itu kami mengimbau warga dan wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Evi Diana P.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri sepanjang Rabu diprakirakan cerah berawan, berawan, dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah terutama pada siang sampai sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi di beberapa wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada pagi dan siang hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Bangka, Kota Pangkalpinang dan sekitarnya terutama pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat Celcius dan kelembaban udara 70 hingga 100 persen

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018