Muntok (Antaranews Babel) - Sebanyak 444 orang pelajar se-Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX yang dilaksanakan untuk menjaring bibit atlet potensial.

"Sebanyak 444 pelajar dari enam kecamatan itu akan bertanding dalam lima cabang olahraga, yaitu sepak bola, atletik, pencak silat, bulu tangkis dan basket," kata Bupati Bangka Barat, Parhan Ali, di Muntok, Babel, Selasa.

Ia mengatakan, para atlet pelajar dari seluruh kecamatan itu akan bertanding dalam Popda tingkat kabupaten yang digelar selama empat hari mulai 13 Maret 2018 di beberapa lapangan yang ada di Muntok.

Popda merupakan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat sebagai salah satu bentuk keseriusan pemerintah setempat dalam meningkatkan prestasi olahraga pelajar.

"Bibit-bibit atlet unggul dan potensial kami harapkan bisa muncul dari perlombaan itu," katanya.

Selain berlomba untuk menjadi yang terbaik, melalui kegiatan tahunan itu juga diharapkan mampu menumbuhkan semangat kompetisi yang sportif dan terjalinnya silaturahim antarpelajar.

Ia mengingatkan kepada seluruh penyelenggara untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan para atlet agar tidak terjadi kesalahan yang bisa berakibat fatal.

Kepada satuan pendidikan serta institusi pemerintah yang menangani keolahragaan diimbau menjalin koordinasi yang intensif agar bisa menampung potensi olahraga di daerah masing-masing.

"Kepada para atlet, pelatih dan ofisial diharapkan mampu menjaga sportivitas, raih prestasi dengan cara terhormat, hindari hal-hal yang bisa merusak citra pelajar dan menodai makna olahraga," kata Parhan Ali.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018