Kelapa Kampit, Belitung Timur (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusulkan geopark di kabupaten itu masuk dalam daftar UNESCO Global Geoparks (UGG) guna meningkatkan pembangunan pariwisata dan kunjungan wisatawan.

"Mudah-mudahan September tahun ini Geopark Belitung Timur masuk dalam daftar UGG," kata Camat Kelapa Kampit, Yuspian di Kelapa Kampit, Rabu.

Ia mengatakan konsep Geopark Belitung Timur yang diusulkan ke UGG berbeda dengan konsep pariwisata di Kabupaten Belitung. Geopark Belitung Timur berkonsep pengabungan warisan biologi, geologi, dan kultur.

"Geopark Belitung Timur ini kalau disetujui maka akan menjadi geopark dalam daftar UGG yang ketiga di dunia," katanya.

Yuspian yang juga Sekretaris Geopark Belitung Timur optimistis geopark di kabupaten itu bisa menjadi yang ketiga di dunia, karena geosidenya cukup luas mulai dari Open Pit, Cendil, Batu Pulas, Pulau Keran, Mangrove Mengguru, Gunung Lumut, hingga Burung Mandi.

"Di antara wilayah geosidenya Geopark Belitung Timur, yang menjadi ikonik adalah Open Pit. Namun demikan, banyak hal yang harus dibenahi di kawasan ini agar lebih memiliki nilai jual pariwisata tinggi," katanya.

Penggarapan Geopark Belitung Timur juga terbentur beberapa kendala. Salah satunya adalah manajemen kawasan di mana aksesnya berbenturan dengan hutan lindung.

"Teorinya hutan lindung bisa dibebaskan, tetapi praktiknya susah. Bisa saja menggunakan sistem pinjam pakai, namun dalam hal ini pemda harus serius," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018