Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan cuaca di wilayah daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Sabtu (17/3) cerah berawan.

"Sepanjang Sabtu cuaca di seluruh daratan diperkirakan cerah, cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal di beberapa wilayah," ujar prakirawan Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Anggun Rahmania, Jumat.

Sementara itu, kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 10 sampai 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 28 derajat Celcius dan kelembaban udara 76 hingga 97 persen.

Pada kesempatan itu, BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,0 sampai 0,75 meter dan relatif aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,0 sampai 0,5 meter, sedangkan di Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar antara 0,0 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," kata Anggun.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 9 hingga 31 kilometer per jam yang bergerak dari Barat Laut ke Timur Laut dan dari Barat Daya ke Utara.

Pada bagian lain, BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di beberapa kawasan pesisir pantai berpotensi masih mencapai dua meter atau lebih.

Pasang laut yang mencapai dua meter atau lebih diperkirakan terjadi di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung yang mencapai 2,25 meter dan di Sungailiat Kabupaten Bangka yang bahkan dapat mencapai 2,26 meter.

Kemudian pasang laut di bawah dua meter berpotensi terjadi di pesisir Pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,84 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,62 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,49 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,52 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,34 meter.

"Karena itu kami mengimbau warga dan wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Anggun Rahmania.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018