Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan meminta Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Pangkalpinang membantu masyarakat mengelola sektor perikanan guna meningkatkan kualitas.

"Saya berharap BKIPM membina dan membantu nelayan, petani dan pengusaha perikanan agar mereka dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing di pasar global," kata Erzaldi di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan potensi perikanan di Provinsi Kepulauan Babel sangat berlimpah, namun belum ditata dan dikelola dengan baik atau masih dikelola secara tradisional.

"Saat ini pengelolaan hasil perikanan masyarakat masih sangat sederhana," ujarnya.

Erzaldi mengatakan dengan adanya pembinaan kepada masyarakat dalam mengelola usaha perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan tentu akan berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat di daerah ini.

"Jika usaha perikanan ini dilakukan dengan baik tentu menghasilkan produk berkualitas dan pada akhirnya meningkatkan nilai jual perikanan tersebut," katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis BKIPM Pangkalpinang, Darwin Syah Putra mengatakan, sesuai tugas dan fungsinya BKIPM akan terus membina dan membantu masyarakat atau pengusaha dalam meningkatkan mutu perikanan dengan tata kelola yang baik.

"Kami terus mengedukasi masyarakat untuk mendapatkan hasil perikanan yang layak dikonsumsi dan selalu mengawasi penyakit yang timbul dari hasil perikanan," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018