Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian pasang air laut di kawasan pesisir pantai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Senin (19/3) relatif normal.

"Ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter kecuali di Membalong Kabupaten Belitung sekitar 2,12 meter," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, Minggu.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 1,93 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,72 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,36 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,07 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,15 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,02 meter.

"Namun kami tetap mengimbau agar warga atau wisatawan waspada karena ketinggian pasang air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung cuaca dan kecepatan angin," kata Rizki.

Pada kesempatan itu BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan hanya berkisar antara 0,25 sampai 0,75 meter dan juga relatif aman.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka, Selatan Bangka, Selat Gelasa, Utara Bangka dan Selat Karimata sekitar antara 0,25 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," ujar Rizki Adzani.

Di sisi lain BMKG juga mengimbau agar masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Sementara itu kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang bergerak dari Barat Laut ke Timur Laut.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Senin diprakirakan cerah berawan, berawan, dan kabut dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan di beberapa wilayah terutama pada siang, malam, dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celsius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.

Pewarta: Adhitya SM

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018