Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Perajin tenun cual di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat senang Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra mempromosikan kerajinan khas di daerah itu pada ajang Miss Universe nanti.

"Kami sangat bersyukur Sonia Fergina Citra bersedia berpakaian berbahan kain cual pada pemilihan Miss Universe nanti," kata perajin tenun cual Ishadi di Pangkalpinang, Rabu.

Perajin mitra binaan PT Timah Tbk ini mengatakan dengan adanya promosi tenun cual di dunia internasional akan berdampak baik terhadap usaha kerajinan khas daerah ini.

"Masyarakat dunia tentu akan lebih mengenal keindahan dan kualitas tenun cual yang pada akhirnya meningkatkan pemasaran kerajinan khas daerah ini," katanya.

Ishadi menyarankan Putri Indonesia 2018 kelahiran Tanjungpandan Kabupaten Belitung itu untuk menggunakan pakain cual bermotif burung garuda, karena Garuda merupakan lambang Negara Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan motif garuda ini bisa membawa mencuri perhatian para juri dan Putri Indonesia terpilih menjadi Miss Universe nanti," katanya.

Menurut dia saat ini pemasaran tenun cual masih lokal dengan permintaan yang masih kurang, sehingga mempengaruhi minat masyarakat menekuni kerajinan khas daerah ini.

"Permintaan tenun cual dari masyarakat lokal masih kurang, karena harga tenun relatif tinggi dibandingkan batik dari luar daerah yang lebih murah," katanya.

Maslina perajin tenun cual lainnya sangat mendukung dan mengapresiasi Putri Indonesia mempromosikan kerajinan khas Bangka Belitung ke tingkat nasional dan internasional.

"Ini jelas akan memotivasi para perajin untuk lebih meningkatkan kreasi, produksi dan kualitas kerajinannya," katanya. Budi Suyanto
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018