Jakarta (Antaranews Babel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menargetkan informasi mengenai cuaca, iklim dan sebagainya yang dihasilkan bisa sampai ke masyarakat paling bawah.

"Sangat penting yang menjadi target BMKG adalah meluaskan jangkauan sampai level masyarakat antara lain seperti petani, nelayan, pedagang dan lainnya," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan, kebutuhan masyarakat akan informasi cuaca dan iklim saat ini semakin luas sehingga harus terus diperkuat. Untuk bisa  memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat BMKG saat ini mulai meluncurkan sistem prakiraan cuaca berbasis kecamatan.

Layanan informasi yang diberikan BMKG tersebut salah satunya bertujuan untuk membangun bangsa yang siap dalam menghadapi bencana bahkan juga dapat memanfaatkan cuaca.

Di era revolusi industri ke empat saat ini, masyarakat dunia termasuk Indonesia adalah masyarakat digital yang sangat dekat dengan sosial media dan telepon genggam.

"Sehingga kami menggunakan media telepon genggam dan media sosial dalam rangka memperluas dan mempercepat jangkauan kita ke masyarakat," katanya.

Penyebaran informasi tersebut dilakukan BMKG antara lain melalui aplikasi Info BMKG yang dapat di unduh di "Play Store". dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai informasi seperti perkiraan cuaca, gempa bumi, tsunami, kualitas udara, bahkan cuaca bandara maupun pelabuhan.

"Sehingga diharapkan dapat dengan mudah diakses masyarakat dan informasi yang disediakan dapat mendukung serta memperlancar kegiatan masyarakat," tambah Dwikorita.

Menurut dia, BMKG juga melakukan promosi tentang aplikasi Info BMKG di Commuter line sejak pukul 05.00 hingga 21.00 WIB sehingga harapannya semakin banyak masyarakat yang tahu aplikasi tersebut.

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018