Pangkalpinang (Antaranews Babel) - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 9.131 siswa dan siswi SMA/MA di provinsi itu siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang akan digelar 9-12 April 2018.

"Ada 9.131 siswa dan siswi dari 89 SMA/MA se-Kepulauan Babel akan mengikuti UNBK untuk mengukur prestasi mereka sebelum masuk ke perguruan tinggi sekaligus sebagai salah satu kewajiban untuk lulus sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel, M Soleh di Pangkalpinang, Minggu.

Ia menyebutkan pihaknya sudah melakukan segala persiapan demi kelancaran UNBK tingkat SMA/MA tersebut.

"Sejak kemarin kita sudah mengecek semua persiapan, baik sinkronisasi server, ruang kelas dan sebagainya. Untuk server kita menyiapkan 238 server utama dan cadangan agar UNBK SMA/MA berjalan lancar," ujarnya.

Dari 89 sekolah tingkat SMA/MA yang akan melaksanakan UNBK, hanya empat sekolah yang bergabung dengan beberapa sekolah lainnya karena perlengkapan komputer mereka belum mencukupi.

"Untuk UNBK ini hampir semua sekolah mulai dari SMK hingga SMA/MA sudah mandiri, namun beberapa sekolah masih harus bergabung dengan sekolah lain karena perangkat komputer di sekolah mereka belum memadai," ujarnya.

Soleh berharap selama mengikuti UNBK para siswa benar-benar mempersiapkan diri dengan tetap belajar, bersemangat dan menjaga kesehatan agar dapat mengerjakan semua soal dengan baik.

"Peran orang tua juga kita harapkan agar semua siswa bisa mengikuti UN hingga selesai. Kesehatan dan waktu belajar siswa harus dijaga agar mereka tetap semangat dan pada akhirnya mampu menjawab semua soal," karanta.

Empat mata pelajaran yang akan diuji dalam dalam UNBK tingkat SMA/MA yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018