Sungailiat (Antaranews Babel) - Sebanyak 520 peserta dari 18 negara mengikuti Sungailiat Triathlon 2018, di Pantai Tanjung Pesona Sungailiat, Kabupaten Bangka.

"Melalui sungailiat triathlon kita mendorong kemajuan pariwisata dan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung," kata Wakil Gubenrur Babel, Abdul Fattah  saat mengibarkan bendera start sebagai tanda di mulainya Sungailiat Triathlon 2018, di Sungailiat, Sabtu.
 
Peserta Sungailiat Triathlon 2018. (babel.antaranews.com/Elza Elvia)

Ia mengatakan, Sungailiat Triathlon 2018 diikuti 520 peserta dari 18 negara. Peserta dari Indonesia sebanyak 469 peserta, dan ada 51 atlet mancanegara yakni dari Algeria, Australia, Denmark, Ethiopia, Perancis, Jerman, Hungary, India, Jepang, Malaysia, Belanda, New Zealand, Portugal, Rusia, Spanyol, Inggris dan Amerika.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Rivai menambahkan, melalui Sport tourism Sungailiat Triathlon 2018 Babel mengajak para peserta nusantara dan mancanegara menikmati pesona keindahan alam di pantai lintas timur yang menjadi usulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.
 
Peserta Sungailiat Triathlon 2018. (babel.antaranews.com/Elza Elvia)

"Sungailiat Triathlon ini ajang yang sangat tepat untuk kita mempromosikan potensi pariwisata, khususnya pantai-pantai yang dilalui para peserta. Apalagi kegiatan ini tidak hanya diikuti peserta dari Indonesia saja, tapi juga manca negara," ujarnya.

Menurut Rivai, daya tarik Sungailiat Triathlon tidak hanya pada olahraganya, tapi juga rute yang dilewati, meskipun mungkin semua peserta Sungailiat Triathlon ini para penggemar olahraga.
 
Peserta Sungailiat Triathlon 2018. (babel.antaranews.com/Elza Elvia)

"Rute yang kita siapkan untuk mereka lewati juga menjadi suatu daya tarik sehingga kegiatan ini menjadi salah satu event sport tourism yang mereka tunggu-tunggu di Pulau Bangka," ujarnya.  

Rute Sungailiat Triathlon menonjolkan keindahan alam pantai-pantai yang ada di kawasan lintas timur, mulai dari Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung, kemudian Pantai Air Anyir dan jalan utama Kota Sungailiat.
 
Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi (baju putih)  berfoto bersama pemenang Sungailiat Triathlon 2018, di Pantai Tanjung Pesona Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (21/4). (babel.antaranews.com/Elza Elvia)

"Lintasan pantai-pantai tersebut tetap menjadi lintasan utama yang menarik karena peserta dapat menikmati keindahan alamnya," ujarnya.

Sungailiat Triathlon 2018 memperlombakan tiga kategori, yaitu kategori Pertama,  Long Distance (1,9 km renang, 90 km sepeda, dan 21,1 km lari), kategori kedua, Standart Distance (1,5 km renang, 40 km sepeda, dan 10 km lari), dan kategori ketiga, Sprint (750 m renang, 20 km sepeda, dan 5 km lari).

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018